Bagaimana agar bisnis bisa Adaptif di 2023

Halo Smartpreneurs apakabar bisnis Anda?  Semoga bisnis Anda bisa tumbuh sukses luar biasa.

Syarat pertama agar bisnis bisa adaptif terhadap tantangan adalah MENYADARI, MENERIMA dan MAU MENGHADAPI MASA DEPAN BARU.

Tapi ternyata menurut Elisabeth Kubler-Ross tidak bisa langsung terjadi seperti itu. Elisabeth Kubler-Ross meneliti dan membuat teori kurva perubahan yang merupakan fase-fase manusia dalam menerima dan mau melakukan perubahan pada dirinya.

Sehingga dapat kita pelajari bahwa sebagian individu memang harus melewati fase sebelum ia mau melakukan perubahan itu sendiri.

Apa saja fase atau tahapan pada kurva perubahan itu ?

Fase pada kurva perubahan dimulai dari :

1. Shock = Sebuah kejutan diawal perubahan kondisi normal dari individu atau komunitas. Umumnya, orang sering menolak dengan perubahan yang terjadi dan seolah-olah mencoba membuktikan bahwa perubahan itu tidak nyata, bahkan tidak perlu.

 2. Denial = Ditandai dengan ledakan energi tambahan. Seseorang mungkin akan mengalami denial/penolakan dan mungkin akan tetap fokus pada masa lalu. 

 3. Frustration/Anger or Blame = Ketika realitas sudah tercapai (sadar), dan seseorang memahami gawatnya situasi, ia mungkin menjadi marah pada diri sendiri dan mungkin mencari orang untuk disalahkan. Kemarahan dapat dimanfestasikan dalam beragam hal.

 4. Bargaining and Self Blame = Saat fase kemarahan berlalu, seseorang mungkin akan memikirkan cara-cara untuk menunda yang tak terhindarkan dan mencoba mencari tahu hal terbaik yang tersisa dalam situasi tersebut. Jika ia tidak bisa lompat ke fase no 6, maka bisa jadi ia tetap di fase 4 ini dalam waktu yang lama atau malah menyalahkan diri yang kemudian tanpa sadar membawanya ke fase ke 5.

 5. Depression and confusion = Seseorang pada fase ini cenderung mengalami kesedihan, ketakutan, penyesalan, rasa bersalah, dan emosi negatif lainnya. Mungkin ia benar-benar menyerah sekarang dan mencapai jalan buntu. Ia bisa saja menunjukan tanda-tanda ketidakpedulian, keterbukaan, mendorong orang lain menjauh dan tidak bersemangat terhadap apapun dalam hidup. 

 6. Acceptance. Pada titik ini seseorang menyadari bahwa melawan perubahan yang datang dalam hidup mereka tidak akan membuat kesedihan itu pergi, saat ini mereka pasrah dengan situasi dan mencoba menerima sepenuhnya. Sikap menyerah ini mungkin bukan sebuah kebahagiaan, tetapi ia menyadari untuk berhenti menolak perubahan dan melangkah maju dengannya, ia memutuskan untuk menghadapi “Masa Depan Baru”. Hanya dengan begitu mereka dapat mulai berpandangan ke luar dan mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan baru. 

7. Problem Solving/Integration. Saat mencapai tahap ini, orang mulai terlibat dalam perilaku pemecahan masalah. Ini memungkinkan seseorang untuk mencoba pendekatan baru dan akhirnya mengintegrasikannya ke dalam cara-cara baru mereka.

Mau cepat mendapatkan solusi tanpa harus melewati tahapan kurva perubahan? apapun fase Anda saat ini, Anda bisa langsung ke Fase 6 dan 7.

Program coaching dapat dilakukan untuk paham dan implementasi perubahan internal bisnis mulai dari pola pikir, pola diri dan pola kerja Owner dan Pimpinan Bisnisnya terlebih dahulu. 

Mengapa? Karena, Business Owner dan Pimpinan mau berubah maka internal bisnis bisa diubah.

Jika sistem dukungan berupa program coaching tepat bagi Anda silahkan Anda WA langsung untuk dapat diskusi bagaimana coaching program dapat membantu Anda ke WA : 0813-7722-6033 (hanya via WA chat)

Leave a comment