SUKA PROSES? Lakukan 5 tahapan Proses ini untuk usaha Anda Bangkit & Naik kelas

Bagaimana meningkatkan performa bisnis yang mana perjalanan bisnis begitu dinamis?

Beberapa kalinya konten Ray Dalio lewat di IG reels saya. Ray Dalio adalah seorang investor terkenal dan pendiri Bridgewater Associates, memiliki pandangan tentang 5 Step Success “lima langkah keberhasilan” yang diterapkan dalam pendekatan investasi dan manajemen risiko, dimana dalam menjaga performa bisnis tetap di puncak 5 step success ini tetap perlu dilakukan karena 5 ini adalah proses menuju sukses.

Berikut adalah penjelasan singkat untuk setiap langkah menurut Dalio:

1. Menetapkan Tujuan yang Jelas (Set Clear Goals) Buat Tujuan Besar (Big Goals) Anda!

Analisa apakah Big Goals Anda cukup memotivasi dan menginspirasi? Apakah dengan Big Goals tersebut memang mampu mengoptimasi energi dan sumber daya yang Anda dan bisnis Anda miliki?

Apakah Big Goals Anda mengarahkan untuk pertumbuhan usaha? Apakah Big Goals Anda benar-benar Tujuan Besar yang Anda ingin capai? Bagaimana Anda mengetahuinya?

Setelah Anda mengetahui Big Goals Anda, kemudian mulailah merancang SMART GOALS. SMART Goals adalah tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu (SMART) adalah langkah pertama dalam proses menuju sukses. SMART Goals ini akan menjadi panduan Rencana tindakan Anda di poin ke 4.

Memiliki tujuan yang jelas sangat penting dalam mencapai keberhasilan. Tanpa tujuan yang jelas, sulit untuk mengarahkan upaya dan membuat keputusan yang tepat.

2. Mengidentifikasi Masalah yang Menghambat (Identify Problems that Stand in the Way of Achieving Your Goals)

Setelah menetapkan tujuan, identifikasi masalah atau hambatan yang mungkin menghalangi pencapaian tujuan tersebut. Ini termasuk mengenali kelemahan diri sendiri, tantangan eksternal, dan segala sesuatu yang bisa menghalangi kemajuan Anda.

Ketahui Real Condition Anda & Future Challenge Anda. Diskusikan kepada Coach Bisnis Anda untuk menggali apa yang menjadi akar masalah Anda dan masalah bisnis Anda.

Mengidentifikasi masalah-masalah yang menghalangi pencapaian tujuan merupakan langkah penting selanjutnya.

3. Diagnosis Masalah dengan Akar Penyebabnya (Diagnose the Problems to Get at Their Root Causes)

Jangan hanya melihat masalah di permukaan, tetapi telusuri hingga menemukan akar penyebabnya.

Anda mungkin perlu diskusi kepada Coach Bisnis yang memandu dalam bagaimana Anda memahami sumber utama dari masalah yang Anda hadapi. Ini membutuhkan refleksi diri yang jujur dan terkadang melibatkan umpan balik dari seorang professional Coach.

Memahami dan mendiagnosis akar permasalahan adalah kunci untuk mengatasi masalah secara efektif. Ini membantu Anda menemukan solusi terbaik Anda.

4. Merancang Solusi untuk Mengatasi Masalah (Design a Plan to Get Around the Problems)

Setelah mengetahui akar penyebab masalah, buat Rencana Tindakan yang spesifik untuk mengatasinya.

Anda sudah buat SMART Goals?

SMART GOALS ini perlu mencakup langkah-langkah konkret yang akan diambil untuk mengatasi setiap masalah yang telah diidentifikasi, dengan mempertimbangkan sumber daya dan batasan atau tantangan yang ada.

SMART GOALS kemudian diturunkan menjadi Plan of Action (Rencana Tindakan) Anda. Anda akan menentukan apa pekerjaan yang perlu dilakukan, siapa yang melakukan dan kapan akan dilakukan serta kapan target pekerjaan tsb akan selesai.

Hal ini menjadi kontrol yang sangat penting dalam pembuatan Rencana Tindakan Anda.

Dengan merancang rencana-rencana yang akan membantu melewati atau menyelesaikan masalah-masalah apa saja yang dihadapi, membuat Anda fokus dan bisa memutuskan prioritas pada aktifitas Anda sehari-hari.

5 .Melaksanakan Rencana dengan Disiplin (Implement the Plan with Determination)

Rencana Tindakan yang baik tidak ada artinya tanpa eksekusi yang tepat. Laksanakan rencana Anda dengan disiplin dan tekad yang kuat.

Pantau kemajuan Anda secara berkala dan bersiaplah untuk melakukan penyesuaian jika diperlukan.

Ketekunan dan komitmen sangat penting dalam tahap ini. Jika Anda memiliki Coach, Coach Anda bisa menjadi partner dalam memantau akuntabilitas Anda sehingga Anda semangat untuk tetap on the track.

Melaksanakan rencana-rencana tersebut dan memastikan tindakan yang diperlukan dilakukan untuk mewujudkan hasil yang diinginkan.

Proses ini adalah siklus berulang. Setelah mencapai tujuan tertentu, Anda bisa kembali menetapkan tujuan baru dan melalui proses yang sama, yang memungkinkan Anda untuk terus berkembang dan mencapai kesuksesan yang lebih besar di kemudian hari.

Silahkan bagi Anda pebisnis yang sudah menjalankan bisnis dengan usia bisnis belasan tahun dan perlu coach bisnis untuk melatih leadership Anda, memberdayakan tim inti dalam membangun sistem untuk dampak bisnis yang diinginkan melalui metodologi coaching silahkan follow akun IG @coach.ihsan dan DM langsung ke saya.

SALAM SUK.SES

Leave a comment